PERKEMBANGAN IPTEK DI MEDIA SOSIAL

 MEDIA SOSIAL DARI MASA KE MASA 











Segala aktivitas yang kita lakukan pada era digital ini tidak dapat dilepaskan dengan internet dan juga media sosial, seperti saat kita melakukan kegiatan chatting melalui aplikasi yang memerlukan koneksi internet jika ingin terhubung dengan orang lain. Media sosial ini telah menjadi sesuatu yang populer dan dibutuhkan sebagai gaya hidup. Media sosial itu sendiri merupakan suatu platform wahana interaksi pergaulan dunia internet. Para penguna sosial media dapat melakukan interaksi, komunikasi, dan sharing di dunia maya yang tanpa ada batasan waktu dan jarak, selama tersambung dengan internet.

Awal mula terbentuknya media sosial terjadi pada tahun 1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan menggunakan surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer.

Pada tahun 1995 lahirlah situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website-website lain.


A. SEJARAH MEDIA SOSIAL 

Sudah sejak dahulu kala media sosial muncul, tepatnya pada 24 Mei 1844 yang awalnya hanya serangkaian titik dan garis elektronik diketik dengan menggunakan mesin telegraf. Samuel Morse saat itu mengirim pesan telegraf untuk kali pertama kepada publik, dasar komunikasi digital bersamaan muncul lewat asal usul internet modern.

Pelopornya Advanced Research Projects Agency Networks (Arpanet) yang awalnya menciptakan jaringan untuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat guna mempermudah komunikasi dengan para ilmuwan dari empat universitas saat itu dan saling berbagi perangkat lunak, perangkat keras hingga data lainnya.

Jaringan digital lebih luas diluncurkan pada 1987 dan diberi nama NSFNET, hingga berjalan sampai satu dekade hingga 1997. Tumbuh kembang internet terjadi sekitar tahun 1980 hingga 1990, dalam masa itu potensi dalam memperkenalkan layanan publik komunikasi online muncul. Di antaranya seperti CompuServe, America Online dan Prodigy.

Dan mendorong kemunculan Six Degrees yang mulai diluncurkan pada 1997 sebagai media sosial pertama yang membuat pengguna saling terhubung dengan kontak dunia nyata. Membuat profil di dalam database juga sudah bisa dilakukan saat itu, meskipun kemunculan Six Degrees sangat singkat dan hanya bertahan hingga 2001.

Saat itu pula inovasi dalam dunia komunikasi internet muncul, lahirlah Friendster yang berhasil menarik jutaan pengguna. Hanya dengan melakukan pendaftaran, disusul Linkedln yang lahir pada 2002. Layanan sosial jaringan yang selanjutnya muncul di tahun 2003, MySpace dan menjadi paling banyak dikunjungi di tahun 2006.

Meskipun usianya juga tak lama setelah pada 2008 lahirlah Facebook, menjelma sebagai media sosial raksasa di dunia internet pada masa kemunculannya. Google pun bahkan kalah, produk keluaran mereka Google+ tak memiliki umur panjang seiring kalah pamor dengan Facebook yang saat itu menjadi sosial terbesar di dunia internet.


B. PENGERTIAN MEDIA SOSIAL 

Media sosial sendiri pada dasarnya adalah bagian dari pengembangan internet. Kehadiran beberapa dekade lalu telah membuat media sosial dapat berkembang dan bertumbuh secara luas dan cepat seperti sekarang. Hal inilah yang menjadikan semua pengguna yang tersambung dengan koneksi internet dapat melakukan proses penyebaran informasi atau konten kapan pun dan di mana pun.

C. PENGERTIAN MEDIA SOSIAL MENURUT PARA AHLI

 - B.K Lewis
Lewat karyanya yang dirilis pada tahun 2010, B.K Lewis menyebut media sosial sebagai label yang merujuk pada teknologi digital dengan potensi membuat orang saling terhubung. Dalam hubungan yang memunculkan interaksi, produksi dan berbagai pesan.


- Chris Brogan
Disebutkan bahwa media sosial salah satu perangkat yang muncul sebagai alat komunikasi dengan berisi berbagai kemungkinan dalam menciptakan bentuk dan gaya interaksi baru seiring perkembangan dan kemajuan teknologi. 


 - Dave Kerpen

Dave Kerpen menyebut media sosial dengan definisi merujuk pada tempat berkumpulnya gambar, video, tulisan dan hubungan interaksi dalam jaringan. Kondisi ini berlaku untuk individu maupun antarkelompok seperti organisasi

D. FUNGSI MEDIA SOSIAL 

Sebagai salah satu platform digital yang paling banyak digunakan saat ini, media sosial berhasil menghubungkan hampir setiap orang yang memiliki akses internet. Namun, fungsi media sosial ternyata tidak hanya sebatas itu saja, ada banyak sekali fungsi lain yang bisa Kamu dapatkan dari media sosial. Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi media sosial yang dapat dirangkum diantaranya yaitu:

1. komunikasi 

Fungsi pertama dari media sosial tentunya adalah komunikasi. Sebelum berkembang hingga seperti ini, media sosial pada awalnya hanya berfokus pada membangun ekosistem komunikasi yang baik baik bagi pengguna. Namun, seiring dengan berkembangnya internet dan teknologi, media sosial lebih dari hanya komunikasi, media sosial telah menjadi dunia kedua bagi manusia di seluruh belahan dunia untuk berkumpul dan berinteraksi. Media sosial telah berhasil membangun komunikasi yang tanpa batasan waktu dan geografi.

2. branding 

Fungsi kedua dari media sosial yaitu branding. Setelah berhasil membangun tempat berkumpul untuk seluruh manusia dari berbagai belahan dunia, media sosial selalu berkembang dan menyediakan berbagai kebutuhan dari manusia, salah satunya yaitu branding. Branding sendiri adalah cara seseorang dalam membangun sebuah citra di mata banyak orang.

Untuk melakukan branding, pengguna biasanya memiliki cara yang unik dan khas untuk mendesain akun media sosial sehingga menarik untuk dilihat pengguna yang lain. Hal inilah yang menjadikan akun media sosial mirip seperti dunia nyata, karena setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing.

3. tempat usaha 

Fungsi ketiga dari media sosial adalah sebagai wadah untuk melakukan usaha atau bisnis. Setelah berhasil menyediakan komunikasi dan branding, sosial media perlahan berkembang sehingga membuat setiap penggunanya dapat membangun sebuah usaha dalam jaringan atau online. Sebagai tempat yang terbuka selama 24 jam, media sosial terbukti sangat memudahkan penggunanya untuk membangun suatu bisnis secara maya. Hal ini diprediksi memiliki banyak potensi untuk menjangkau lebih banyak orang dibandingkan usaha yang hanya mengandalkan dunia nyata.

E. PERAN MEDIA SOSIAL 

media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, facebook, instagram, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.

Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional, antara lain:

 §  Kesederhanaan

 Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan bahkan untuk orang tanpa dasar IT pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.

§  Membangun Hubungan

Media social menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan  pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Jika menggunakan media tradisional maka tidak dapat melakukan hal-hal tersebut diatas, melainkan media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.

§  Jangkauan Global

Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.

§  Terukur

Dengan sistem tracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama. 

F. JENIS-JENIS MEDIA SOSIAL  



1. YOU TUBE 

   Macam media sosial yang pertama adalah YouTube. Siapa sangka, situs besutan tiga anak muda yang didirikan pada tahun 2005 ini berhasil menjajaki kesuksesan.

Situs yang menduduki peringkat nomor dua dunia ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi video. Fitur ini merupakan strategi pemasaran yang tepat bagi usaha Anda. Buat iklan dan promosi sedemikian rupa untuk menarik atensi para pelanggan melalui video unik yang diunggah pada kanal YouTube.              

2. INSTAGRAM      

  Macam media sosial yang tak kalah menariknya bagi banyak orang adalah Instagram. Situs ini pun juga berhasil merebut perhatian para penggunanya melalui fitur berbagi foto dan video singkat.

Untuk melebarkan sayap bisnis, Anda bisa membuat dan memasang berbagai foto ikonik dan menarik di laman akun Instagram. Raih keterlibatan banyak pengguna Instagram sebanyak-banyaknya melalui strategi pemasaran yang tepat bagi produk Anda.  

 

3. Facebook

Macam media sosial yang berikutnya adalah Facebook. Perusahaan media sosial milik Mark Zuckerberg ini pun juga masih terus menjanjikan pundi-pundi rupiah bagi banyak orang.

Tak heran, banyak para penggunanya yang juga berbisnis melalui Facebook. Caranya pun cukup mudah. Facebook memungkinkan penggunanya untuk berbagi cerita, link situs, gambar, hingga video.

4. Twitter

Berbeda dari macam media sosial sebelumnya, Twitter bekerja dengan banyak menggunakan tulisan, foto, dan video. Umumnya, Twitter banyak digunakan oleh penggunanya lantaran memiliki fitur utas yang memungkinkan orang untuk berbagi tulisan panjang.

Selain itu, para pengguna juga dapat melihat topik terkini yang tengah hangat diperbincangkan. Hal ini bisa menjadi referensi Anda untuk menarik pelanggan menggunakan tulisan, foto, dan video. 

5. TikTok

Macam media sosial selanjutnya adalah TikTok. Hingga saat ini, aplikasi unik tersebut berhasil merebut hati masyarakat Indonesia hingga mampu masuk ke dalam kategori 10 besar media sosial terpopuler.

Aplikasi yang dikembangkan perusahaan China ini dapat menampilkan berbagai video dengan serangkaian proses edit. Hasilnya pun tak kalah menarik dari beberapa fitur media sosial lainnya.

6. WhatsApp

Pada urutan kedua, macam media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia selanjutnya adalah WhatsApp. WhatsApp atau yang biasa disebut dengan WA merupakan media sosial chatting tanpa menggunakan biaya, namun cukup menggunakan koneksi internet saja.

Dihimpun dari data We Are Social, telah tercatat bahwa 83% orang indonesia telah menggunakan media sosial WhatsApp. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 125 juta orang sudah menggunakan WhatsApp.                                                                                                                                            

F. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI MEDIA SOSIAL 

Dampak positif dari media sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat, biaya lebih murah. Sedangkan dampak negatif dari media sosial adalah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk orang lain.



https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/

https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/media-sosial-adalah/

https://eprints.umm.ac.id/43080/3/BAB%20II.pdf

https://www.liputan6.com/hot/read/4645781/14-macam-media-sosial-yang-sering-digunakan-beserta-penjelasannya


PENCARI MATERI : 

- jibril abdullah husain ( 17 )

- syah bintang harifa ( 29 )


PENULIS 

- heny kartika sari (13)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL PERANCANG BLOG

PENGERTIAN, KARAKTERISTIK DAN PROSES GLOBALISASI

PENGERTIAN IPTEK DAN DAMPAK IPTEK BAGI PELAJAR