PENGERTIAN, KARAKTERISTIK DAN PROSES GLOBALISASI


PENGERTIAN GLOBALISASI 


Globalisasi dapat diartikan sebagai meluasnya pengaruh kebudayaan maupun ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Globalisasi juga berarti terciptanya hubungan antarmasyarakat di seluruh dunia dalam berbagai bidang kehidupan.
Istilah globalisasi berasal dari kata global yang berarti dunia dan lization yang artinya proses.
Dengan begitu, globalisasi secara bahasa diartikan sebagai suatu proses yang mendunia antarsesama manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lain tanpa batas waktu maupun jarak.

Berikut pengertian globalisasi menurut para ahli.

- Selo Soemardjan
Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia, tujuannya untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.


- Anthony Giddens
Globalisasi adalah intensifikasi atau percepatan hubungan sosial seluruh dunia atau secara mendunia yang mengaitkan kejadian di lokasi yang satu dengan yang lain serta menyebabkan timbulnya perubahan pada keduanya.

- Achmad Suparman
Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu yang ada di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.


- Thomas L. Friedman
Globalisasi mempunyai dimensi ideologi dan teknologi. Dimensi ideologi yang tumbuh karena kapitalisasi dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang menyatukan dunia.


- Princenton N. Lyman
Globalisasi adalah perkembangan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antar negara-negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.


- Laurence E. Rothenberg
Globalisasi adalah percepatan atau laju dan intensifikasi, interaksi, dan integrasi antarorang, perusahaan, pemerintah dari negara yang berbeda.




KARAKTERISTIK 

Menurut Cohen dan Kennedy, karakteristik globalisasi adalah meningkatnya masalah bersama seperti penyebaran virus penyakit yang terbawa dari orang-orang migrasi. Kemudian hutang luar negeri dan pola-pola kejahatan internasional. Meningkatnya interaksi kultural antara satu negara dengan negara lain melalui media massa dan internet.

Negara-negara di dunia memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi, karena pasar dan produksi ekonomi. Kegiatan perekonomian yang dilaksanakan secara global mendorong lahirnya organisasi World Trade Organization, yang dinamakan pengawas pelaksanaan ekonomi perdagangan internasional.

Sumber daya alam yang dimiliki suatu negara belum tentu dimiliki negara lain, karena itu perlu adanya saling memenuhi kebutuhan sehingga proses perdagangan antar negara berjalan. Dampaknya munculah proses impor dan ekspor, kemudian melahirkan perekonomian internasional yang dilakukan negara satu dengan lainnya


PROSES GLOBALISASI 

ERA PRA MODERN 

Globalisasi sering dikaitkan dengan dunia modern yang berhubungan dengan kecanggihan serta teknologi modern. Meski begitu ada pendapat yang menilai jika proses globalisasi terjadi sejak zaman itu, tepatnya pra-modern. Apa itu globalisasi pra-modern? merupakan proses globalisasi yang sudah terjadi jauh sebelum manusia mengenal teknologi.

Era ini ditandai sebagai zaman kerajaan, penyebaran agama, jalur perdagangan dan migrasi antar benua. Menurut para ahli, era pra-modern globalisasi terjadi dan berlangsung di sekitar tahun 3500 hingga 1500 SM.

- ERA MODERN AWAL 

Periode ini muncul medio 1500-1600, kebangkitan imperium maritim Eropa dengan aktor utama Portugis dan Spanyol. Disusul Belanda dan Britania, sekaligus menjadi kondisi di mana titik balik ekspansi negara-negara kolonial dari Eropa menuju benua lain.

-MODERN DAN KONTEMPORER

Era modern terjadi sekitar tahun 1850 hingga 1970, perbedaan dengan modern awal adalah tujuan ekspansi para imperium Eropa. Cara mengelola perdagangan global serta tingkat pertukaran informasi. Sementara kontemporer terjadi sejak akhir periode modern hingga saat ini.




Baca artikel CNN Indonesia "Apa Itu Globalisasi, Karakteristik, Penyebab, hingga Bentuknya" selengkapnya di sini: 
https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230124155800-569-904289/apa-itu-globalisasi-karakteristik-penyebab-hingga-bentuknya.


PENCARI MATERI : 

 - heny kartika sari ( 13 )


PENULIS : 
- heny kartika sari ( 13 ) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL PERANCANG BLOG

PENGERTIAN IPTEK DAN DAMPAK IPTEK BAGI PELAJAR